Selasa, 23 September 2014

Pelajar Muslim #2: Tetapkan Tujuan Anda


Rasulullah saw bersabda:
عَنْ أَمِيْرِ اْلمُؤْمِنِيْنَ أَبِي حَفَصْ عُمَرُ ابْنِ اْلخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ:
إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَاتِ وَ إِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَي اللهِ وَ رَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَي اللهِ وَرَسُوْلِهِ. وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوِ امْرَءَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَي مَا هَاجَرَ إِلَيْهَ. (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
Dari Amirul Mu’minin, Abu Hafash Umar bin Khotob r.a berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya amal perbuatan tergantung kepada niatnya, dan bagi setiap orang tergantung apa yang diniatkannya. Maka barangsiapa yang hijrahnya kepada  Allah dan Rasul-Nya (mencari keridhoan-Nya), maka hijrahnya itu kepada Allah dan rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya untuk mendapatkan dunia atau untuk menikahi wanita, maka hijrahnya itu tertuju pada tujuan hijrahnya tersebut.”        (Hadits Muttafaqun Alaih)
             Hadits tersebut menjelaskan kepada kita semua betapa pentingnya arti niat dalam perbuatan setiap muslim. Dan niat berkaitan erat dengan penentuan tujuan atau goal yang ingin dicapai oleh seseorang dalam melakukan sesuatu.
            Niat juga merupakan penentu apakah perbuatan seorang muslim memiliki nilai di mata Allah SWT atau tidak. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah Muhammad saw:
كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لَا يُبْدَأُ بِبِسْمِ اللهِ فَهُوَ رَدٌّ
“Setiap perbuatan baik yang tidak dimulai dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, maka ia tertolak (sia-sia).”
            Seseorang yang memulai aktivitas, apapun itu bentuknya, tanpa menentukan niat dan tujuan melakukan kegiatan tersebut ibarat seorang pemanah yang tidak tahu target yang akan dipanah, atau ibarat seorang pemain bola yang tidak tahu di mana gawang lawan berada, bahkan ibarat seorang musafir yang tidak tahu kemana tujuan kakinya dilangkahkan. Maka pemanah itu akan salah mengenai sasaran, dan pemain bola tersebut sangat mungkin memasukkan bola ke gawangnya sendiri, bahkan musafir tersebut akan sangat mungkin tersesat tanpa arah hingga kakinya terasa lemah.
            Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, terutama ananda semua para pelajar. Mulailah setiap langkah kaki kita semua di pagi hari dengan niat ikhlas menuntut ilmu karena Allah SWT. Berdoalah setiap paginya kepada Allah: Ya Allah Berikanlah ilmu yang bermanfaat kepadaku, mudahkanlah hati dan pikiranku untuk memahami setiap penjelasan yang akan disampaikan oleh Bapak dan Ibu guruku hari ini dan jadikanlah hariku ini lebih baik dari hari kemarin. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar