Selasa, 23 September 2014

Pelajar Muslim #1: Fokus pada Perubahan


Dalam sebuah kata hikmah disebutkan:
“Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia beruntung. Dan barang siapa yang hari ini sama seperti hari kemarin maka ia termasuk orang yang merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka ia termasuk orang yang celaka.”        
            Setiap kita pasti mengharapkan setiap kali kita terbangun di pagi hari dalam keadaan yang baik dan menyenangkan. Dan tentu kita selalu berharap setiap kita menjalani hari demi hari selalu dalam kondisi yang lebih baik dari hari sebelumnya. Namun, bagaimana sebenarnya cara agar kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari?
            Salah satu kuncinya adalah Fokus Pada Perubahan.
            Karena begitu banyak manusia yang menjalani harinya terfokus pada penilaian orang lain terhadapnya. Ada pula yang terlalu berharap pada tujuan akhir dari segala sesuatu yang dijalaninya, sehingga apa yang dikerjakan menjadi beban dan membuat mereka tertekan.
            Nikmati setiap hal yang Anda lakukan, nikmati setiap proses perubahan menuju pribadi yang lebih baik lagi, dan tetap fokus pada perubahan yang sedang dilakukan.
            Coba sejenak kita bayangkan, jika seseorang datang ke tempat fitnes center dengan tujuan untuk memiliki bentuk tubuh yang atletis dan dia hanya berfokus pada tujuannya tersebut tanpa mengindahkan dan menikmati prosesnya. Maka dalam beberapa bulan, bahkan hanya dalam hitungan minggu ia akan berhenti datang ke fitnes center tersebut. Kenapa? Karena terkadang tujuan tersebut tidak bisa kita dapatkan hanya semudah membalik telapak tangan, atau semudah ucapan bim sabim. Namun jika ia menikmati setiap proses yang dijalani, ia akan mendapati bahwa dirinya semakin fit dari hari ke hari, tubuhnya semakin bugar dan bersemangat dalam menjalani aktivitas hariannya. Dan pada akhirnya, tujuan utamanya pun akan diraih seiring dengan konsistensinya untuk melakukan setiap detil dari usahanya di pusat kebugaran tersebut.
            Begitu pula dalam kehidupan yang Anda jalani sebagai pelajar. Nikmati setiap proses belajar mengajar, nikmati setiap kecerian bertatap muka dengan guru dan teman-teman, dan tetap fokus dalam proses perubahan untuk menjadi manusia-manusia unggul masa depan. Jangan jadikan aktivitas belajar kalian sebagai beban, jangan jadikan tugas-tugas yang menumpuk itu sebagai tekanan, namun jalani dengan penuh semagat, lakukan dengan penuh senyuman, karena yakinlah pada Firman Allah SWT di dalam QS. At-Taubah (9) ayat 105:

وَقُلِ اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُوْلُهُ وَاْلمُؤْمِنُوْنَ وَسَتُرَدُّوْنَ إِلَى عَالِمِ اْلغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ (التوبة : ١٠٥)
“Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar